Loading

Monday, February 22, 2010

apa itu VLAN ?

Pernahkah anda bertanya-tanya apa Virtual LAN (atau VLAN)?
Jika demikian, saya telah di tempat anda pada satu waktu juga. Sejak itu, saya telah belajar banyak tentang apa itu VLAN dan bagaimana dapat membantu saya. Pada artikel ini, saya akan berbagi pengetahuan dengan anda.


Apa itu LAN?

kebanyakan dari kalian sudah tahu apa sebuah LAN adalah tetapi mari kita memberikan definisi untuk memastikan. Kita harus melakukan ini, karena jika anda tidak tahu apa sebuah LAN, anda pun tidak akan tahu tentang VLAN.

Sebuah LAN merupakan jaringan area lokal dan didefinisikan sebagai semua perangkat dalam domain broadcast yang sama. Jika Anda ingat, router berhenti siaran, switch tepat di depan mereka.


apakah yang dimaksud dengan VLAN?

Seperti yang saya katakan, VLAN adalah virtual LAN. Dalam istilah teknis, sebuah VLAN adalah broadcast domain yang diciptakan oleh switch. Biasanya, ini adalah sebuah router yang menciptakan broadcast domain. Dengan VLAN, sebuah switch dapat menciptakan broadcast domain.

Karya ini, Anda, administrator, menempatkan beberapa port switch di VLAN lain dari 1, VLAN default.
Semua port dalam satu VLAN berada dalam satu broadcast domain.

Karena switch dapat berbicara satu sama lain, beberapa port pada switch A dapat di VLAN 10 dan port pada switch lainnya B dapat di VLAN 10. Siaran antara perangkat ini tidak akan terlihat pada port lain dalam VLAN lain, selain 10. Namun, perangkat ini semua bisa berkomunikasi karena mereka berada pada VLAN yang sama. Tanpa konfigurasi tambahan, mereka tidak akan mampu berkomunikasi dengan perangkat lain, bukan dalam VLAN mereka.


Apakah VLAN dibutuhkan?

Penting untuk menunjukkan bahwa anda tidak perlu mengkonfigurasi VLAN sampai jaringan anda menjadi terlalu besar dan memiliki begitu banyak lalu lintas.

Fakta penting lainnya adalah bahwa, di Cisco switch, VLAN's akan diaktifkan secara default dan perangkat semua telah berada dalam VLAN. bahwa semua perangkat sudah di adalah VLAN 1. Jadi, secara default, anda bisa menggunakan semua port pada sebuah switch dan semua perangkat akan dapat berbicara satu sama lain.


Kapan saya butuh VLAN?

Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan VLAN dalam salah satu situasi berikut:
1. Anda memiliki lebih dari 200 perangkat pada LAN Anda
2. Anda memiliki banyak siaran lalu lintas pada LAN
3. Kelompok pengguna perlu lebih banyak keamanan atau sedang melambat karena terlalu banyak broadcast
4. Kelompok pengguna perlu di domain broadcast yang sama karena mereka sedang menjalankan aplikasi yang sama. Sebuah contoh akan menjadi perusahaan yang memiliki telepon VoIP. Para pengguna menggunakan telepon dapat berada pada VLAN yang berbeda, tidak dengan pengguna biasa.
5. Atau, hanya untuk membuat satu beralih menjadi beberapa virtual switch.


Mengapa tidak menggunakan subnet jaringan ?

Sebuah pertanyaan umum mengapa tidak menggunakan subnet jaringan daripada menggunakan VLAN ?
Setiap VLAN harus berada dalam subnet sendiri. Manfaat yang sebuah VLAN menyediakan melalui jaringan subnetted adalah bahwa perangkat di lokasi fisik yang berbeda, tidak akan kembali ke router yang sama, dapat berada di jaringan yang sama. Pembatasan subnetting jaringan dengan sebuah router adalah bahwa semua perangkat pada subnet yang harus terhubung ke switch yang sama dan bahwa saklar harus terhubung ke port pada router.

Dengan VLAN, satu perangkat dapat tersambung ke satu switch, perangkat lain dapat terhubung ke tombol lain, dan mereka perangkat masih dapat pada VLAN yang sama (broadcast domain).


Bagaimana perangkat pada VLAN yang berbeda's berkomunikasi ?

Perangkat pada VLAN yang berbeda yang dapat berkomunikasi dengan router atau switch Layer 3. Karena setiap VLAN adalah subnet sendiri, sebuah router atau Layer 3 saklar harus digunakan untuk rute antara subnet.


Apa yang dimaksud dengan trunk ports ?

Ketika ada link antara dua switch atau router dan sebuah saklar yang membawa lalu lintas lebih dari satu VLAN, bahwa port adalah sebuah trunk port.

Seorang trunk ports harus menjalankan protokol trunking khusus. Protokol yang digunakan akan menjadi milik Cisco Inter-switch link (ISL) atau standar IEEE 802.1q.


Bagaimana cara membuat VLAN?

Konfigurasi VLAN's dapat bervariasi bahkan antara model yang berbeda dari Cisco switch. Tujuan-tujuan Anda, tidak peduli apa yang perintah, adalah untuk:
Buat VLAN baru's
Letakkan setiap port dalam VLAN yang tepat

Andaikan saja kita ingin menciptakan VLAN's 5 dan 10. Kami ingin memasukkan port 2 & 3 dalam VLAN 5 (Marketing) dan port 4 dan 5 di VLAN 10 (Human Resources). Pada Cisco 2950 switch, di sini adalah bagaimana Anda akan melakukannya:


Pada titik ini, hanya port 2 dan 3, harus mampu berkomunikasi dengan satu sama lain dan port 4 & 5 harus dapat berkomunikasi. Itu karena masing-masing dalam VLAN sendiri. Untuk perangkat pada port 2 untuk berkomunikasi dengan perangkat pada port 4, Anda harus mengkonfigurasi trunk port pada router sehingga dapat merampas informasi VLAN, rute paket, dan menambahkan kembali informasi VLAN.


Apa tawaran VLAN?

VLAN menawarkan kinerja yang lebih tinggi untuk LAN menengah dan besar karena mereka membatasi siaran. Seperti jumlah lalu lintas dan jumlah perangkat, begitu pula jumlah paket-paket broadcast. Dengan menggunakan VLAN yang Anda mengandung siaran.

VLAN juga menyediakan keamanan karena pada dasarnya nda menempatkan satu kelompok perangkat, dalam satu VLAN, pada jaringan mereka sendiri.
Pasal Ringkasan


Berikut adalah apa yang telah kita pelajari:
1. Sebuah VLAN adalah domain broadcast yang dibentuk oleh switch
2. Administrator harus membuat VLAN itu kemudian menetapkan pelabuhan yang terjadi dalam apa VLAN, secara manual.
3. VLAN yang memberikan performa yang lebih baik untuk jaringan LAN menengah dan besar.
4. Semua perangkat, secara default, berada dalam VLAN 1.
Sebuah trunk ports khusus yang menjalankan ISL atau 802.1q sehingga dapat membawa lalu lintas dari lebih dari satu VLAN.
5. Untuk perangkat dalam VLAN yang berbeda untuk berkomunikasi, anda harus menggunakan router atau switch Layer 3.

--------------------------------------

oO0::::: Greetz and Thanks: :::::0Oo.
Tuhan YME
My Parents
SPYRO_KiD
K-159
lirva32

And Also My LuvLy :
..::.E.Z.R (The deepest Love I'v ever had..).::..

in memorial :
1. Monique (terima kasih atas semua kenangan terindah yang pernah kau berikan)
MAAFKAN ATAS SEMUA DOSA DAN SALAHKU
2. Dewi S.
3. W. Devi Amelia
4. S. Anna

oO0:::A hearthy handshake to: :::0Oo
~ Crack SKY Staff
~ Echo staff
~ antijasakom staff
~ jatimcrew staff
~ whitecyber staff
~ lumajangcrew staff
~ unix_dbuger, boys_rvn1609, jaqk, byz9991, bius, g4pt3k, anharku, wandi, 5yn_4ck, kiddies, bom2
~ arthemist, opt1lc, m_beben, gitulaw, luvrie, poniman_coy, ThePuzci, x-ace, newbie_z, petunia, jomblo.k, hourexs_paloer, cupucyber, kucinghitam, black_samuraixxx, ucrit_penyu, wendys182, cybermuttaqin
~ k3nz0, thomas_ipt2007, blackpaper, nakuragen, candra
~ whitehat, wenkhairu, Agoes_doubleb, diki, lumajangcrew a.k.a adwisatya a.k.a xyberbreaker, wahyu_antijasakom
~ All people in SMAN 3
~ All members of spyrozone
~ All members of echo
~ All members of newhack
~ All members of jatimcrew
~ All members of Anti-Jasakom
~ All members of whitecyber
#e-c-h-o, #K-elektronik, #newhack, #Solohackerlink, #YF, #defacer, #manadocoding, #jatimcrew, #antijasakom, #whitecyber

0 komentar:

Categories

Stats

kumpulblogger